BINTANG

Jumat, 09 Desember 2016

Pentingnya Ekstra Kurikuler di Sekolah


Di setiap sekolah biasanya ada kegiatan tambahan selain pelajaran yangdiadakan di kelas yaitu kegiatan ekstra kurikuler (ekskul). Ekstrakurikuler sendiri artinya kegiatan yang dilakukan siswasekolah/universitas di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan iniada pada setiap jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar sampaiUniversitas.

Kegiatan eskul ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian,bakat dan kemampuannya di berbagai bidang diluar akademik. Manfaatkegiatan ini untuk wadah penyaluran hobi, minat, dan bakat para siswasecara positif yang dapat mengasah kemampuan, daya kreativitas, jiwasportivitas, dan meningkatkan rasa percaya diri. Akan lebih baik bilamampu memberikan prestasi gemilang di luar sekolah sehingga dapatmengharumkan nama sekolah.

Walaupun secara akademis tidak masuk ke dalam nilai raport tapikegunaannya jauh lebih bermanfat. Beberapa contoh kegiatanektrakurikuler :
a. ektrakuriler olah raga : bola voli, sepak bola, basket,takraw
b. ektrakurikuler seni bela diri : karate, pencak silat, judo, jiu jit tsu
c. ektrakurikuler seni musik : band, drumband, olah vokal
d. ektrakurikuler tari dan peran : tarian tradisional, teater
e. ektrakurikuler seni media : jurnalistik, majalah dinding (mading)
f. ektrakurikuler lainnya : komputer,otomotif, pramuka, karya ilmiah remaja (KIR), Palang Merah Remaja
(PMR), dan Pramuka.

Kegiatan eskul banyak sisi positifnya namun sangat disayangkan (dulu)pernah ada beberapa perploncoan yang mengotori kegiatan eskul. Biasanyakegiatan perploncoan dilaksanakan pada waktu penerimaan atau pelantikananggota baru, kadang ada kegiatan yang tidak masuk akal yang dimasukkandalam format pelantikan anggota baru tersebut.Tetapi yang pastikegiatan eskul sangat penting dan bermanfaat.

Untuk memilih kegiatan ektrakurikuler pilihlah kegiatan yang palingdiminati dan tidak membebani kegiatan sekolah (pelajaran) yang sudahcukup berat. Bisa juga kegiatan yang dapat menunjang pelajaran sepertibidang sains (kegiatan ilmiah). Juga carilah kegiatan eskul yangdisesuaikan dengan keadaan fisik, kemampuan diri dan kesehatananak/siswa. Dalam hal ini lebih baik bila seorang siswa hanya mengikuti1 atau 2 kegiatan saja daripada banyak kegiatan yang pada akhirnyatidak dapat mengikuti semuanya dengan baik.

Kegiatan eskul adalah ajang pembentukan bakat dan ajang kreativitasanak. Malah eskul sekarang ada yang sudah difokuskan untuk menghasilkansiswa-siswa yang handal dan berprestasi dibidangnya bukan hanya pengisiwaktu diluar jam sekolah. Bukan hal yang tak mungkin bila prestasi inikelak menjadi pekerjaan dan karir di masa mendatang. Namun yang pastiuntuk saat ini, salah satu upaya untuk mencegah anak terjerumus padapergaulan yang tidak baik seperti narkoba dan perkelahian pelajaradalah dengan mengikuti kegiatan yang bermanfaat seperti eskul.

by Siti Nurjannah
Abs. 28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar